Mengapa Layar Ponsel Smartphone Berkedip Sendiri, Normalkah?

1:31 AM
Mengapa Smartphone Layar Android Berkedip? Normalkah? Salah seorang teman baik mimin sebut saja ahmad (bukan nama sebenarnya) kemarin baru saja membeli sebuah ponsel smartphone baru dengan tipe OS Android.

Tentu saja ia sangat senang dengan "ponsel smartphone" barunya tersebut, itu terlihat jelas dari betapa seringnya dia memegang dan memainkan smartphone barunya itu. Lalu pada suatu ketika, ia nampak kebingungan dan terheran-heran sambil terus memandangi layar smartphone baru miliknya itu. Tidak lama kemudian ia pun bertanya kepada mimin yang kebetulan memang sedang ketemu dirumah temen sambil duduk di depan teras sambil menikmati segelas es kelapa muda di siang hari.

"Ini kenapa ya say??" Kok layar ponselku berkedip-kedip begini? Masa iya sih udah rusak aja kan baru beli blum juga lama?"
Baca juga: Cara Menginstal Aplikasi yang tidak ada di playstore 
Sebagai teman mimin pun menjawab dengan nada santai bahwa yang terjadi disemartphone dia adalah merupakan hal yang wajar-wajar saja.

Wajar? yupzzz, sangat wajar kok jangan kuatir. sebagian orang-orang juga pernah mengalami dengan masalah yang sedang kamu hadapi, para pembaca pasti juga pernah mengalaminya juga kan? Dan mimin sangat yakin jika sebagian dari kalian pasti juga panik dan berpikir bahwa ada yang rusak atau tidak beres dengan perangkat ponsel smartphone yang sedang kalian gunakan.  iya kan??

Oke, untuk lebih jelas dan detailnya mimin akan memberikan beberapa informasi tentang sebab yang menyebabkan layar smartphone anda  berkedip tanpa anda oprasikan.
Baca juga: Cara mengatasi BBM yang sering pending
Pada umumnya sebuah perangkat ponsel smartphone memiliki banyak sekali sensor-sensor yang telah ditanamkan di dalam perangkat smartphone. Beberapa diantaranya  adalah sensor cahaya. Coba saja anda perhatikan di bagian-bagian di sekeliling layar smartphonemu. Disana setidaknya terdapat 3 buah sensor bawaan pabrik yang biasa ditanamkan di ponsel smartphone, yaitu srnsor proximity, sensor kamera dan sensor cahaya mungkin ada lagi tergantung kecanggihan ponsel yang anda miliki. dan semua sensor-sensor tersebut biasanya terdapat pada bagian atas layar pada smartphone anda.

Nahhh.... sebagai penjelasan saja bahwa sensor cahaya ini berfungsi untuk mengetahui dan memantau seberapa cerah cahaya di area yang ada di sekitarmu dan dengan secara otomatis pula ponsel akan menyesuaikan dan mengatur ke tingkat kecerahan dari layar smartphone perangkatmu agar anda dapat melihat tampilan layar dengan baik pada kecerahan yang berbeda-beda. Jika anda sedang berada di area yang terlalu terang (misalnya di luar ruangan dan terang pada siang hari) maka kecerahan layar ponsrl anda akan dinaikkan secara otomatis jika anda belum menyetingnya secara manual. Dan sebaliknya, jika anda sedang berada di tempat yang mungkin kurang cahaya atau gelap maka kecerahan layar pada perangkat akan diturunkan agar anda tidak terlalu silau pada saat anda memandang layar pada ponsel android anda.

SO.... jika anda berpindah dari tempat dengan kecerahan yang kurang atau gelap ke tempat yang terlalu terang ketika anda menggunakan smartphone anda, maka dengan otomatis layar ponsel anda akan berkedip untuk merubah dan menaikkan kecerahan layar secara pelan-pelan dan bertahap. Begitu pula dengan sebaliknya.
Baca juga: Cara memperpanjang Umur Baterai di smartphone
Nahh.. sekarang anda tentunya sudah tau kan mengapa layar ponsel pada perangkat Android anda bisa berkedip sendiri? Jika anda adalah salah satu pengguna baru dan b3lum tahu srluk beluk tentang ponsel Android, silahkan jelajahi saja blog ini untuk menambah wawasan dan mendapatkan banyak tips dan trik serta tutorial dasar tentang pinsel Android. Atau anda juga bisa mendapatkan berita dan informasi terbaru serta berbagai informasi lain di bagian home page pada blog ini.
Baca juga: Cara mengatasi apk yang tidak dapat diinstal di android
Itulah beberapa alasan kenapa ponsel smartphone berkedip secara otomatis pada saat tidak anda oprasikan/anda gunakan dan itu semua adalah hal yang Normal. Semoga  postingan kali ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai