WASPADAI!! Penipuan Alfamart/Indomaret Marak Terjadi

6:40 AM
Akhir-akhir ini banyak sekali pengunjung-pengunjung alfamart dan indomaret yang dikecewakan oleh perbedaan harga barang-barang yang dijual di toko-toko tersebut. Pasalnya harga yang dijual berbeda secara signifikan pada kedua toko tersebut.

Beda harga: 

Beda harga antara Price Tag dengan POS (point Of Sales) kasir. Indomaret/Alfamart A: IDM A
Indomaret/ alfamart B: IDM B
Indomaret/Alfamart C: IDM C dan D

IDM dari A,B,C,D adalah gerai yang berbeda lokasi namun masih dalam cakupan satu kota. Ini yang kesekian saya berbelanja di IDM, tapi yang saya dapat pada akhir-akhir ini kurang nyaman sekali pada apa yang telah dilakukan Oleh IDM, terutama pada pelanggan-pelanggannya di toko tersebut.

Kenapa?? Cekidot seputar cerita saya gan"!!!! Terang seorang pelanggan kaskuser"

TKP IDM A:  saya berbelanja di tempat itu dan sengaja hanya membeli 1 unit/item saja. Tentunya saya sudah menebak price tag sama barang yang akan saya beli adalah barang yang sama. Dan sampai pada saat pembayaran, Lohh.... KOK!!!!  harganya beda selisih sampai Rp1000 rupiah dalam perasaan saya kayaknya salah lihat deh label harganya, OK lah next time lebih cermat saja.....( masih berprasangka baik, mungkin saya yang kurang teliti)

TKP IDM B: seperti biasanya sebelum belanja saya pastiin dlu price tag-nya dengan barang-barang yang akan saya beli,  nah kebetulan ada tag Promo disamping label tag harga, cuman ada tulisan Beli 1 gratis 1, tapi ada yang bergambar promo (1 botol +1 botol =1 botol) dan sejenak kemudian saya berfikir, ini yang bener yang mana nih..... Pasti SEMUANYA setuju kalo yang dimaksutkan adalah jika membeli 2 buah berati gratis 1, iya kan?? Karena memang gambarnya seperti itu.

Tapi kenapa tulisan pada Promo tagnya beli 1 gratis 1. OK lah mungkin yang benar adalah pada tulisan Promo tag, dan akhirnya saya membeli 1 botol dengan harapan saya mendapat gratis 1 botol dan saya ambil 2 botol. Dan ternyata pada saat saya melakukan pembayaran dikasir... wahhh... ternyata tidak mendapatkan gratisan alias keduanya harus dibayar dan gak dapet gratis. Oaaallllahhhhh...... tapi hanya saya pendam saja dengan rasa sedikit kecewa sih.

TKP IDM C : malam minggu biasanya paling banyak pengunjungnya, tapi ada yang payah,pas saat saya beli disana. Pasalnya ada beberapa barang yang ingin saya beli ,namun tidak ada price tagnya. Saya berfikir baik, mungkin labelnya sedang diprint dengan harga yang baru. (Catatan: H-1 saya kesana dan masih ingat item yang saya beli kemarin dan masih tercantum harganya). OK lah saya ambil barang yang sama seperti yang kemarin, dan kali ini tanpa ada price tag harga disana. Dan apa yang terjadi sesampainya melakukan pembayaran dikasir?? Dan ternyata pada saat pembayaran dikasir harganya lebih mahal dari yang kemarin saya beli, selisihnya diatas Rp5.00 rupiah per unit, hal ini (item barang yang tanpa price tag) berlangsung selama lebih dari 3 hari ( apa iya cuma print price tag sampai butuh waktu selama itu??)

TKP IDM D: kejadiannya hampir sama persis dengan di TKP IDM A, kali ini karena suasana hati sedang badmood ( tentunya masih dengan pikiran dan asumsi yang sama karena saya memang teliti saat membeli) sampai dikasir pembayaran, ternyata price tag-nya beda lagi dengan yang saya beli kemarin-kemarin. Dan apesnya pada saat itu saya bawa uang pass karena lagi tanggal tua... hehehe. WAHhh... kalau gitu kurang nih bayarnya ( dalam hati saya) karena suasana hati saya sedang bedmood maka saya nyeletup aja.... "mbak kok harganya beda sama label harga di raknya".  Kaget juga tuh kasir, kayaknya. Ehhhh.... malah balik tanya sama kasir yang satunya.!! Smbil ngomong sendiri " mungkin ada potongan ya, sambil cek depan mesin kasir" Oh... iya mbak ada potongan xxx rupiah" dengan mudahnya nyeletup tanpa muka bersalah. Saya langsung bayar dan cabut.

TKP IDM A to D:  TKP IDM A tapi memakai trick di TKP IDM D. Saya memang masih penasaran mungkin apa iya mesin dikasirnya yang error, OK lah... saya praktekin di IDM A (baca lagi kasus di IDM A).dan apa yang membuat saya penasaran terbukti sudah dan hasilnya sama persis dengan kejadian di IDM D, yaitu price tag sama harga di kasirnya berbeda. Tapi kali ini kasirnya mungkin pura-pura liat price tag labelnya dirak. Dan ternyata memang harganya lebih murah price tag diraknya dari pada di kasir... saya cuman senyum-senyum sendiri sambil bertanya, BENER G MBAK??

ANALISA:

1. Bagaimana mungkin sistem POS (Point Of Sales) antara 1 gerai dengan gerai lainnya bisa salah semua, (dalam kasus ini POS (Point Of Sales) tidak secara otomatis mengurangkan adanya harga diskon pada produk-produk tertentu. Dengan demikian yang dirugikan disini adalah para PEMBELI atau BUYER yang ingin membeli produk. Bagaimana jika pembeli membeli banyak sekali barang barang dari IDM tersebut?? RUGI BESAR DONKK....!!! Kalo anda gak protes tentang adanya beda price tag pada item,maka kasir juga tidak bakalan ngecek secara manual ke sistem. Pertanyaan SISTEM/HUMAN IDM yang error atau mungkin memang sengaja dibuat???


2.item/barang yang dibiarkan kosong label price tagnya sampai beberapa hari apakah wajar?? (Menurut anda pribadi). Ini mungkin adalah trick yang digunakan IDM untuk mendapatkan keuntungan sesaat dengan waktu singkat dan jumlah yang besar, tentunya dengan memanfaatkan item dan event dimana pengunjung/pembeli biasanya paling banyaj pada waktu-waktu weekand/ hari libur. Mereka dengan mudahnya menyeting harga dengan sesukanya. Dan memanfaatkan pengunjung/pembeli yang pasrah dengan harga yang mereka beli pada item/barang tanpa tau harga barang yang mereka beli.( dalam pikiran mereka pasti akan me-refers keharga kemarin pada saat membeli item yang sama tapi apa daya ketika sampai dikasir mereka harus membayar lebih dalam kurun waktu yang sangat singkat.

3. Banyak peomo yang menyesatkan dan memusingkan pembeli di IDM (baca kasus di IDM: B) belum lagi jika dikombinasikan dengan trick Beda harga du IDM atas tadi. Maka keuntungan besar dan singkat IDM akan dapatkan. Apalagi dengan pembeli yang membeli banyak barang-barang sekaligus. Bayangkan saja jika selisih harga barang bisa sampai 1000 rupiah per-barang/unit. Dalam sehari bisa berapa pembeli yang terkena harga KEJUTAN seperti itu. Kejutan penghasilan IDM = 1000 rupiah × berapa produk=Rp. Xxx.xxx digit. WAWW.... KAN....

4. Bisa dikatakan alasan yang tidak masuk akal  dalam kasus IDM D, dengan entengnya tanpa rasa bersalah kasirnya ngomong " harga potongan belum dikurangi" . Padahal apakah semua pembeli akan menanyakan secara rinci tentang potongan harga/ diskon seperti itu jika para pembeli banyak yang mengantri dikasir.

5. Penempelan price tag yang tidak pada tempatnya : inilah yang seringkali membuat pembeli/buyer tertipu dengan harga yang murah apalagi jika buyer membeli beraneka produk dan item maka tidak akan ingat 1 per satu item.

Tips BELANJA di IDM

1. Pastikan anda teliti sebelum menbeli barang atau produk-produk di IDM, cek price tag = item/produk. Kalo perlu catat pakei note  bisa pakai ponsel/smartphone/manual . Apa lagi jika anda membeli banyak barang di IDM tersebut.
2. Pastikan anda punya keberanian untuk menegur ataupun mengomentari jika memang ada yang salah atau kurang benar dalam masalah harga ataupun produk item.
3. Cek kembali harga item/unit barang setelah sampai dirumah jika anda membeli banyak barang atau item.

SEBARKAN!!! Agar para pembeli lebih berhati-hati dan lebih teliti pada saat membeli. Agar tidak ada lagi korban yang dirugikan.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai