7 Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

2:56 PM
Cara memperpanjang baterai smartphone - skarang ini banyak sekali ponsel smartphone murah yang memiliki kualitas layar lebar dan luas, resolusi dan kecerahan yang tajam, prosesor yang terbaru dengan super cepat dan didukung daya tampung RAM yang besar yang berguna untuk memaksimalkan kemampuan multi tasking yang lebih tinggi dan cepat. Ini akan cenderung berakibat buruk pada seseorang yang secara berkebihan menggunakan smartphone dalam pengoprasian atau permainan.


Dampak penggunaan smartphone yang over atau berlebihan dapat membuat umur baterai cenderung akan rusak lebih cepat. Anda tidak akan menyadarinya ketika smartphone masih dalam keadaan baru tapi ketika beberapa bulan kemudian , anda baru akan merasakan bahwa daya baterai menurun secara cepat, dan tidak lagi tahan lama ketika anda pakai bermain game atau pengoprasian yang lain.

Kali ini mimin akan memberikan trick & tips agar umur batrai bisa tahan lama dan tidak muah rusak. Cara ini cukup nudah dilakukan dan tentunya bisa berguna dalam beberapa tahun kemudian.

Kesel gak, kalo baru beberapa bulan membeli ponsel smartphone baru dan batrai sudah error atau rusak, bahkan harus ganti batrai yang baru. Jadi tips ini adalah bagaimana kita menjaga daya dan umur baterai agar dapat digunakan lebih lama dalam jangka waktu panjang. Anda bisa sebut dengan cara agar membuat umur batrai tahan lama dalam jangka panjang.


Lalu bagaimana cara untuk memperpanjang umur baterai? Berikut ini adalah ulasan yang akan diberikan oleh mimin.

1. Jangan pernah membiarkan smartphone overheat 

Smartphone yang digunakan secara berlebihan secara terud menerus dalam 1 hari tanpa henti, dapat menjadikan overheat. Maka dari itu jangan berlebihan bermain game atau yang lainnya secara terus menerus.gunakan seperlunya saja. Bahkan hanya dengan menggunakan kamera secara terus menerus juga akan memicu overheat. Maka kami sarankan agar selalu menutup aplikasi kamera atau bahkan menguncinya dengan pasword agar tidak aktif jika ponsel tertekan atau tergesek dengan kulit. Selain penurunan daya baterai maka juga akan berpengaruh pada suhu ponsel yang akan meningkat terlebih jika penyimpannanya dipermukaan yang dapat memproduksi panas dengan cepat seperti didalam mobil , terkena sinar matahari dalam kulkas atau bahkan yang lainnya.

2. Jangan charge/mengisi daya batrai terlalu lama 

Meski sekarang ini banyak ponsel yang memiliki fiture seperti mematikan otomatis aliran daya listrik saat baterai telah mencapai batas maximal, akan tetapi sangan tidak disarankan untuk mengisi batrai terlalu lama atau mungkin semalaman . Hal ini akan memicu baterai pada smartphone akan cepat rusah dan overheat pada permukaan smartphone. Agar umur batrai lebih panjng, jangan pernah sekali-kali melakukan seperti hal diatas. Sebaiknya lakukan isi ulang baterai atau pengecesan disaat daya batrai tinggan 25% dan cabut saat daya batrai anda telah terisi hingga 95% . Ini menjaga baterai agar tidak terlalu kelebihan muatan saat pengecesan berlangsung.

3. Jauhi atau hapus aplikasi yang banyak mengandung iklan

Sekarang ini banyaknya aplikasi-aplikasi yang tersebar diplaystore tidak semuannya adalah aplikasi yang bersih dari sampah. Banyak sekali apalikasi-aplikasi yang didalamnya disisipi iklan yang secara online akan terus muncul dan akibatnya akan menguras daya batrerai pada smartphone yang anda gunakan. Untuk penggunaan dalam jangka panjang aplikasi yang banyak terdapat iklan juga mempengaruhi pendeknya umur baterai dismartphone dan juga akan membuat smartphone kamu londhot dan lemot. Kamu bisa membaca artikel cara mengatasi android yang londhot untuk mengantisipasi kejadian ini.

4. Kurangi kecerahan layar smartphone anda

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa dengan membuat layar smartphone dalam tingkatan kecerahan yang minim aka membuat daya baterai smartphone lebih hemat dan berlaku kebalikannya. Jadi agar semakin awet baterai jang pernah lupa untuk men-setting kecerahan layar dan durasi jeda sleep-nya dalam waktu yang tidak terlalu lama (1menit -3menit). Yang bertujuan tidak membuang daya yang berlebihan untuk sekedar mematikan ponsel yang sudah tidak digunakan lagi.
Baca juga: cara mengatasi tauchscreen yang macet atau blank
5. Gunakan airplane mode

Jarak smartphone ke BTS operator yang kamu gunakan itu juga sangat berpengaruh terhadap daya baterai smartphone. Oleh karena itu ketika sinyal anda low atau naik turun bisa menurunkan daya baterai   sebaiknya setting smartphone kamu dalam keadaan airplane mode dan menjaga kesetabilan daya baterai. Tujuannya akar daya batrai kamu tidak terbuang sia-sia hanya untuk sekedar mencari sinyal kartu atau koneksi.

6. Matikan notifikasi yang tidak perlu

Sekarang ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memberikan fiture notifikasi yang tidak penting seperti notifikasi iklan , notifikasi game, notifikasi browser , facebook, dan notifikasi lainnya yang anda rasa tidak berguna. Jika anda ingin mematikan semua notifikasi tinggal anda cari dibagian setting. Atau jika anda hanya ingin mematikan beberapa notifikasi dari aplikasi per aplikasi maka pilih saja menu setting lalu pilih saja App,dan kemudian pilih aplikasi ataupun game yang ingin anda hentikan notifikasinya. Kemudian centang bagian Show notification hilangkan tanda centangnya. Atau anda juga bisa mengaturnya dipengaturan setiap aplikasi pasti nenyediakan pengaturan notifikasi.

7. Jangan gunakan live walpeper dan gunakan saja wallpeper statis

Live wallpeper memang cukup menarik untuk menghiasi layar ponsel smartphone anda. Akan tetapi ini juga sangat berpengaruh pada daya baterai smartphone. Maka sebaiknya gunakan wallpeper statis saja untuk lebih menghemat daya batrai smartphone. Dan jiga kurangi penggunaan wiget yang berlebihan di tampilan utama layar.

Setelah membaca 7 cara untuk memperpanjang umur baterai smartphone kamu. Kamu bisa mengantisipasi masalah masalah yang akan terjadi pada baterai smartphone anda. karena baterai original itu jarang sekali dijual dipasaran jika baterai original anda rusak belum tentu baetrai baru bisa menyesuaikan diri dan cocok untuk smartphone anda.


Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai