AMANKAH!!! Melihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang , Berikut Penjelasannya

6:01 PM
Amankah!! Melihat gerhana matahari secara telanjang mata - Menurut lembaga badan antariksa Amerika Serikat [NASA], melihat atau menyaksikan gerhana matahari secara langsung tanpa menggunakan kacamata sebenarnya aman-aman saja.


Akan tetapi, hanya saja bisa anda lakukan saat terjadi gerhana matahari total atau kurang lebihnya saat matahari tertutup penuh.

Gerhana matahari hanya bisa terjadi setiap 33 tahun sekali, peristiwa atau kejadian gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang tentu akan banyak mengundang antusiasme masyarakat untuk melihat dan menyaksikan kejadian yang sangat langka ini.

Namun, sangat penting untuk anda ketahui bagaimana cara-cara yang tepat dan benar untuk menyaksikan dan menikmatinya, terutama menggunakan mata secara telanjang tanpa adanya alat khusus.

Hal-hal terpenting yang anda harus diketahui adalah bahwa sebenarnya memang aman melihat gerhana matahari total secara langsung, asalkan anda tahu kapan time/waktu yang tepat  saat melihatnya.

Cahaya dari matahari jika dilihat secara langsung tanpa menggunakan alat khusus akan merusak mata, jadi jika matahari belum tertutup penuh anda jangan sekali-kali menatapnya, namun bisa anda antisipasi jika anda menggunakan kacamata khusus pada saat melihatnya.

(NASA atau Miloslav Druckmüller)

Cara agar dapat mengetahui kapan waktu yang tepat agar bisa memandang gerhana matahari langsung tersebut dan kapan waktu/time harus menggunakan kacamata adalah anda harus mengenal tanda-tanda tahap terjadinya gerhana matahari pada matahari seperti berikut ini:

Bailys bead's

Pada tahap pertama ini letak bulan sudah berada tepat di depan matahari, tapi tetap tidak boleh dipandang secara langsung, karena masih ada seberkas titik cahaya matahari yang menembus pinggiran bulan yang sedang menutupinya.

Biasanya titik-titik cahaya matahari itu disebut dengan Baily's Beads, atau cahaya matahari yang menembus permukaan bulan saat terjadi gerhana matahari yang tak rata atau penuh.

Cincin berlian gerhana matahari

Pada proses tahap ini letak bulan terus bergerak hingga pada titik cahaya yang nyaris menyelimuti/tertutup semua, kecuali suatu titik yang terlihat persis seperti cincin batu berlian yang besar yang terletak di tepi-tepi gerhana matahari.

Pada saat ini anda masih belum aman untuk memandang langsung gerhana matahari di tahap ini, karena masih harus menunggu beberapa saat hingga semua titik-titik cahaya yang terlihat itu hilang sepenuhnya.

Gerhana matahari penuh

Pada proses tahap ini letak atau jajaran bulan telah menutup matahari secara full atau penuh dan ketika waktu itu anda sudah aman melihat secara langsung kejadian gerhana matahari tersebut menggunakan mata telanjang atau tanpa alat bantu kacamata dalam kurun waktu durasi 1-3menit.

Akan tetapi, anda tetap harus waspada akan setiap pergerakan bulan dan selalu siaga pantau arah berlawanan dari tempat titik-titik cahaya seperti cincin batu berlian tadi berada.

Matahari sabit

Semakin letak bulan bergerak, maka akan muncul seberkas bayangan cahaya berbentuk sabit sabit dari tempat arah berlawanan tempat titik-titik cahaya matahari yang terakhir terlihat berada.

Pada tahap waktu ini, anda sudah tidak diperbolehkan lagi melihat dan  kacamata khusus untuk melihatnya harus sudah dikenakan kembali, karena sebentar lagi titik-titik cahaya matahari akan kembali terbit atau muncul dan tahap-tahap seperti sebelumnya akan terulang untuk berjalannya kembali normal.
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai