Penyebab Ponsel Smartphone Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

5:06 AM
Penyebab ponsel android cepat panas dan cara mengatasinya - Dalam dunia elektronika memang tidak ada yang namanya awet permanen, secanggih - canggihnya ponsel atau smartphone  android pasti mempunyai daya maksimal dalam penggunaannya dan ketika pemakaian yang telah lama pasti akan mempengaruhi kinerja , ataupun komponen - komponen yang dipasang pada perangkat smart phone.

Adalah hal yang mutlak jika suatu barang apapun mempunyai masa - masa jayanya dan akan berahir dengan kerusakan, entah karena over dalam penggunaannya ataupun memang sudah waktunya untuk rusak.

Namun ketika kita tahu cara mengatasi ataupun merawatnya maka kemungkinan besar ponsel android anda akan lebih awet dan tidak cepat rusak.

Kerusakan yang terjadi dalam ponsel androidpun juga mempunyai klarifikasi yang bermacam - macam entah ditimbulkan dari luar ataupun dari dalam ponsel itu sendiri.

Pada artikel kali ini mimin akan membagikan sedikit penjelasan tentang mengapa ponsel android yang kita gunakan cepat panas meski dalam keadan diam atau tidak dalam pemakaian.
Kok bisa ya ??? Padahal jarang di pakai, tetapi tetap saja panas....!!!

Inilah penyebab ponsel android anda cepat panas ;


1# Ponsel Terjangkit Virus (malwere)
Ponsel yang sering digunakan untuk berjelajah ria (browsing internet) biasanya mempunyai resiko terjagkit virus - virus malwere yang tanpa disadari langsung masuk dan terunduh dalam ponsel anda. Malwere di dalam internet juga mempunyai beribu - ribu macam yang mimin sendiri tidak mampu untuk meyebutkan satu persatu. Tapi pada dasarnya virus yang tidak terlampau berbahaya akan dapat diatasi dengan anti virus yang dapat anda unduh secara gratis maupun berbayar di playstore.

Karena playstore adalah salah satu penyedia layanan aplikasi terbesar maka sudah pasti banyak sekali aplikasi - aplikasi yang bagus dan terjamin keamanannya untuk anda gunakan dengan sesuka hati.

Jika ponsel anda terkena virus maka paling tidak anda harus menscan semua virus tersebut dengan aplikasi anti virus yang tepat pula.

2# Melemahnya IC EMMC
Salah satu otak dari android adalah IC EMMC dimana jika IC EMMC ini melemah maka daya dan pengoprasian perangkat juga akan sangat berpengaruh dan semakin melemah pada pengoprasiannya. Jika ini yang terjadi maka siap - siap saja anda menabung untuk mengganti IC EMMC yang baru yang biasanya cukup lumayan mahal, bahkan hampir setengah dari harga ponsel itu sendiri.
Lihat juga; Cara Meningkatkan Performa Smartphone yang LAMBAT / LEMOT
3# Kualitas Baterai Melemah
Biasanya hal ini terjadi jika anda sering menggunakan ponsel anda dalam keadaan OVER yang mungkin ketika anda menggunakan dan mengoprasikan ponsel tersebut anda sambil menancapkan charger dan mengisi daya batrai sambil anda tetap berasik tia menggunakannya. Jika kualitas batrai melemah maka hal yang paling mudah di amati adalah pembengkakan pada baterai atau istilahnya melendung / hamil , heheheh.... kayak orang aja. Lihat dan baca : Cara memperpanjang umur baterai smartphone

Jika ini yang terjadi maka segera ganti baterai ponsel anda dengan yang baru yang tentunya mempunyai daya yang sama persis dengan baterai anda sebelumnya. Jika mungkin tidak sama maka akan membuat kerusakan lainnya di kemudian hari.

4# Terjadi Konsleting
Jika ponsel dalam keadaan basah atau mungkin tanpa sengaja kehujanan maka jangan sekali - kali anda menyalakan ponsel ada, entah mungkin kelihatannya sudah kering akan tetapi mempunyai resiko kerusakan yang besar karena hanya dalam keadaan lembab saja ponsel bisa konslet dan biasanya diawali dengan suhu panas pada bagian baterai.

5# Memory SDcard Rusak
Memori rusak yang masih tetap terpasang pada ponsel android bisa mempengaruhi konsleting atau error pada ponsel dan biasanya juga di tandai dengan ciri ponsel mudah panas dan sering boot lop.
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Berkomentarlah sesuai dengan isi topik halaman...!! DAN akan mimin BALAS SECEPATNYA.

(WARNNING) KOMENTAR LINK / SPAM akan Langsung Masuk ke dalam SENDBOX. Thanks yachh.....