SOLUSI TERBAIK, Ketika Smartphone Tidak Dapat Menyala Setelah Kehabisan Baterai

2:48 AM
Solusi Terbaik Ketika Smartphone Tidak Dapat Menyala Setelah Kehabisan Baterai- Mungkin banyak sekali sebagian dari anda para pengguna smartphone yang sudah terbiasa mengalami kehabisan daya baterai pada gadget (baik smartphone ataupun tablet) yang anda miliki hingga smartphone tersebut mati sendiri atau melakukan shutdown secara otomatis karena tak ada daya lagi. Mimin pun juga sering mengalaminya sendiri dan dengan santai melakukan pengecesan (charging) atau mengisi ulang kembali daya baterai pada smartphone.


Karena kebetulan  tadi malam mimin juga secara tidak sengaja menggunakan ponsel smartphone mimin dengan berlebihan hingga kehabisan daya dan akhirnya mati sendiri. Akan tetapi ada hal yang sangat mengejutkan ketika mimin kembali mencoba untuk men-charging atau mengisi ulang baterai kembali ternyata tidak ada respon dari layar notifikasi baterai dari perangkat alias tidak mau mengisi ulang kembali baterai.
Baca juga: Cara meningkatkan performa smartphone yang lambat
Karena biasanya mudah-mudah saja dan hal itu tidak pernah terjadi pada perangkat smartphone ini, mimin jadi takut apa mungkin smartphone mimin rusak. karena memang sebelumnya selalu merespon meski di charge dalam keadaan mati total dan pada saat kehabisan daya (baterai) sama sekali.  Agak Panik juga nih? Enggak donk, enggak salah lagi maksudnya, heheheh.....

 Lalu bagaimana cara mengatasinya?
santai aja.... kali mimin akan berikan trik mudahnya untuk menghidupkan smartphone anda yang lagi error dalam masalah baterainya.

Disini mimin hanya melakukan sebuah trik sederhana saja, sebagai solusi pertama untuk mengatasi masalah seperti ini.

Nahhh... pada artikel kali ini mimin bermaksud untuk membagikan trik-trik tersebut kepada para pembaca blog ini yang mungkin sedang mengalami masalah yang sama dengab mimin agar kalian tidak perlu panik dan repot - repot untuk membawanya ke jasa tukang service.
Baca juga: cara merawat dan memperpanjang umur baterai smartphone
Ada 2 trik yang bisa anda coba gunakan yaitu:

1. Buka dan Cabut baterai pada smartphone anda, lalu kemudian tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 10 detik hingga 50 detik. Dan pasang lagi baterai pada tempatnya lalu coba anda lakukan isi ulang atau charging pada perangkat anda.

Jika ternyata baterai pada smartphone anda tidak bisa hidup maka cabut kembali, dan silahkan cari dan gunakan tombol reset (force shut down) pada smartphone anda, tahan selama beberapa detik saja lalu coba untuk melakukan pengisian atau charging kembali. Dan biasanya letak dari tombol-tombol ini bisa berbeda-beda di setiap tipe dan jenis merek perangkat.


2. Kalau mungkin cara diatas tidak berhasil untuk bisa menghidupkan kembali ponsel anda dan batrai tetap tidak mau terisi, maka cobalah untuk mencabut baterai dari perangkat anda lagi lalu kemudian lakukan pengisian ulang menggunakan "cas kodok", atau "cas desktop" (atau apalah namanya yaitu dengan cara mengisi baterai secara manual) utuk memancing daya baterai pada baterai anda hingga sekiranya baterai terisi penuh. atau jika anda tidak ingin menunggu baterai penuh karena mungkin anda ingin cepat-cepat membuka dan mengoprasikan smartphone anda.

Anda bisa pasang kembali baterai anda pada smartphone anda, karena proses ini hanya untuk memancing pengisian baterai saja sehingga jika sudah ada daya sedikitpun maka sudah cukup untuk menghidupkan ponsel smartphone anda dan anda bisa membuka smartphone anda sambil mengisi baterai anda seperti biasanya.
Baca juga: Cara mengatasi layar screen yang macet atau blank pada smartphone
Nah itulah beberapa trik sederhana untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul pada baterai smartphone yang tidak mau mengisi ulang secara otomatis setelah kehabisan daya total. Jika memang sekiranya kedua cara tersebut masih tidak berhasil maka dengan sangat terpaksa anda harus mencoba untuk membawanya ke tukang service ponsel terdekat karena mungkin memang terjadi kerusakan yang mungkin bukan disebabkan oleh daya baterai pada ponsel anda. Perlu diketahui bahwa masalah-masalah seperti ini biasanya terjadi pada jenis-jenis baterai Li-Po (Lithium Polymare) karena memang jenis-jenis baterai seperti ini tidak boleh dibiarkan atau digunakan hingga benar-benar  kehabisan daya total atau kosong.

jika anda punya solusi lain? mimin menyarankan, Silahkan berkomentar dan memberi cara untuk para pembaca lainnya yang mungkin memerlukan bantuan anda. karena pada dasarnya setiap orang mempunyai pemikiran dan kecerdasan yang berbeda-beda.
Baca juga: cara mengatasi ponsel smartphone yang lemot
Silahkan saja jelajahi web ini untuk menemukan berbagai trick & tips lainnya soal masalah Android. Dan tentunya semoga bermanfaat bagi anda sekalian.
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai